KEMITRAAN DANA PENYELARASAN INDUSTRI MULTIMEDIA KREATIF DAN PENDIDIKAN VOKASI
Seperti materi yag telah disampaikan dalam webinar bahwa Sektor ekonomi kreatif yang berkntribusi terhadap PDB sebesar Rp 1,105 triliun dan Indonesia menempati posisi ketiga setelah Amrika Serikat dan Korea Selatan ekonomi kreatif stiap thunnya meningkat sebanyak 17 juta.
Dari sisi penyedia dibandingkan dengan tersedianya lapangan kerja dalam ekonomi kreatif yang terbagi menjadi 17 dan dihadapkan dalam kondisi sekarang ini dalam ekonomi kolaboratif, sementara itu ada 15% yang user online sementara sisanya user offline. Jadi dalam webinar Narasumber pertama ini juga menjelaskan bahwa tenaga kerja bukan hanya dibutuhnya di dalam negeri saja masih banyak Negara-negara luar contohnya Jerman yang masih kekurangan tenaga kerja. Selama ada kemampuan dalam diri anda untuk berbahasa asing maka itu akan terlalu muda untuk anda capai.
Kemudian untuk pemateri ke dua berjudul :
Midset Innovator pada Era New Normal untuk Konteks Pendidikan Vokasi
Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.D.
Seperti yang dikatakn oleh bapak Felix, bahwasanya dia telah mengubah Midsetnya dari yang tadinya tidak peduli apa manfaat untuk yang dia buat diubah enjadi Midset yang peduli akan dampak ataupun manfaat bagi masyarakat. Seperti yang ada dalam slide seorang Dosen dan Mahasiswa berbeda dengan seorang Innovator. Selain untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja ekonomi kreatif di Indonesia kita juga karus tau bagaimana dampak dan manfatnya bagi masyarakat.
hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif? Ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah dua hal yang saling berkaitan. Di era sekarang ini, ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep yang memfokuskan pada kreatifitas, inovasi, serta informasi dengan memanfaatkan faktor produksi utama yang terdiri dari ide-ide dan keluasan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM). Ekonomi kreatif menghasilkan kegiatan transaksi ekonomi di mana produk kreatif yang dihasilkan memiliki nilai berlipat ganda dari hasil kreasi. Kunci sukses ekonomi kreatif adalah komoditas, brand dan diferensiasi. Ekonomi kreatif merupakan hasil dari kreatifitas dan daya cipta setiap individu. Ekonomi kreatif memberikan peranan penting terhadap perekonomian suatu negara dan juga daerah.
Sementara itu, industri kreatif adalah kumpulan kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan proses pembuatan atau penciptaan satu produk atau penggunaan pengetahuan dan teknologi informasi. Industri kreatif berproses dengan memanfaatkan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan kesejahteraan. Terdapat hubungan erat antara ekonomi kreatif dan industri kreatif. Industri kreatif adalah fondasi dari ekonomi kreatif. Industri kreatif bisa disebut juga sebagai jantung dari ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif ditopang oleh industri kreatif yang menjadikan sumber daya manusia sebagai elemen utama dalam penciptaan produk dan jasa kreatif yang bernilai ekonomis.
Industri kreatif merupakan entitas dari ekonomi kreatif dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif. Keduanya memanfaatkan pengetahuan, informasi, dan teknologi, serta kreativitas, keterampilan, dan bakat individual maupun kelompok untuk menciptakan nilai tambah secara ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan
Dody Prnata 19.01.013.018
Dosen : Nawasyarif
http://www.uts.ac.id
0 komentar:
Posting Komentar